Sejarah Perkembangan Institusi

Asal mula ide untuk mendirikan ASEKMA Don Bosco ini timbul dari adanya kesamaan keinginan yaitu Yayasan Panca Dharma dan Bapak F.X. Tulusharyono sebagai sahabat dekat para Pendiri Yayasan Panca Dharma yang berkeinginan untuk mendirikan perguruan tinggi sebagai langkah peduli nyata terhadap pendidikan generasi muda untuk menghadapi masa depannya secara berkualitas, dan keingininan tersebut sesuai imbauan Uskup Agung Jakarta saat itu yaitu Mgr. Leo Sukoto SJ yang menginginkan agar ada yayasan Katolik yang bersedia mendirikan akademi sekretari untuk menampung para calon mahasiswa/anak muda berpendidikan singkat dan siap bekerja.

 

Pada tanggal 18 April 1990 Yayasan Panca Dharma mengeluarkan Surat Keputusan Pembentukan Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Akademi Sekretari dan Manajemen Don Bosco di Jakarta. Panitia terdiri dari Bapak J. Supangat Reksowiguno (Alm) sebagai Ketua, Bapak V.J. Hartono sebagai Sekretaris, Bapak R.J. Rengkuan dan Bapak F.X. Tulusharyono sebagai anggota.

 

Tugas yang diberikan kepada Panitia adalah mempersiapkan segala sesuatu yang mendukung operasionalnya sebuah akademi dengan program studi sekretari, akuntansi, dan manajemen, menyusun personalia tenaga dosen, rencana kegiatan, sekaligus membantu Yayasan menyusun statuta dan studi kelayakan serta mengadakan sosialisasi kepada masyarakat.

 

Keberpihakan kepada kawula muda menjadi bagian dari tujuan didirikannya ASEKMA Don Bosco seperti cita-cita Santo Don Bosco sebagai pelindung Kampus Don Bosco.”